Tugas bahasa Indonesia I Beatriks Lasamahu

Perbaikan EYD pada skripsi:

 

Kesalahan.

1)    ….untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakan dan kebudayaan, dengan….(hal 3)

2)    ….untuk dapat menyediakan kebutuhan tenaga-tenaga teknisi yang terampil dibidang listrik dan elektonika agar dapat mengimbangi…..(hal 4)

3)    Didalam pelaksanaan praktikum guru memegang peranan sangat penting dalam pengaturan siswanya apabila peralatan dan bahan didalam….(hal 7)

4)    Dilihat dari segi aktivitasnya kelompok praktikum dapat menciptakan proses belajar yang efektif dan efisian, karena….(hal 7)

5)    Apakah dengan pemberian kelompok praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK bidang keahlian Elektronika Industri ?  (hal 8)

6)    Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan masalah yang perlu dteliti, karena hasilnya kelak akan….(hal 9)

7)    Dalam penelitian ini peneliti membatasi masalah pada perbedaan hasil belajar Menerapkan Peralatan Kontrol Proses Berbasis Peralatan Elektronika (MPKPPE)… (hal 9)

8)    Dengan memperhatikan pokok-pokok tersebut yang telah di uraikan di atas maka masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagal berikut : (hal 10)

9)    …..piranti-piranti semi konduktor dalam sisrkit-sirkit listriknya, disamping piranti-piranti lain seperti….(hal 11)

10) Mata diklat MPKPPE bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada siswa tentang….. (hal 11)

11) Mikrokontroller tidak dapat bekerja sendrian melainkan harus didukung oleh …. (hal 17)

Perbaikan

1)    ….untuk membina kepribadiannya, sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan, dengan…. (tanda koma dan penulisan)

2)    ….untuk dapat menyediakan kebutuhan tenaga-tenaga teknisi yang terampil dibidang listrik dan elektonika, agar dapat mengimbangi…..(tanda koma)

3)    Didalam pelaksanaan praktikum, guru memegang peranan sangat penting dalam pengaturan siswanya, apabila peralatan dan bahan didalam….(tanda koma)

4)    Dilihat dari segi aktivitasnya, kelompok praktikum dapat menciptakan proses belajar yang efektif dan efisian, karena….(tanda koma)

5)    Apakah dengan pemberian kelompok praktikum dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK bidang keahlian Elektronika Industri?  ( tanda tanya ditulis rapat)

6)    Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan masalah yang perlu diteliti, karena hasilnya kelak akan….(penulisan)

7)    Dalam penelitian ini, peneliti membatasi masalah pada perbedaan hasil belajar Menerapkan Peralatan Kontrol Proses Berbasis Peralatan Elektronika (MPKPPE)… (tanda koma)

8)    Dengan memperhatikan pokok-pokok tersebut, yang telah di uraikan di atas, maka masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut : (tanda koma dan penulisan)

9)    …..piranti-piranti semi konduktor dalam sirkit-sirkit listriknya, disamping piranti-piranti lain seperti….(penulisan)

10) Mata diklat MPKPPE bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa tentang….. (penulisan)

11) Mikrokontroller tidak dapat bekerja sendirian melainkan harus didukung oleh …. (penulisan)

Tugas ke-2a

 

  1. Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya.  Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal baru yang Anda temui?

a. Singkatan nama gelar, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda titik.

  • …….., M.Pd

seharusnya …………, M.Pd.

  • ………., M.Pd

seharusnya …………, M.Pd.

  • ……….., MT

seharusnya ………, M.T.

  • …….., M.Pd

seharusnya …………, M.Pd.

  • …………… S.Pd, …….

Seharusnya ……………S.Pd.,………..

b. Kata depan di, ke, dan dari ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.

  • ………. didalam ……..

seharusnya ………. di dalam …….

  • ………. didesain ………..

seharusnya ……. di desain ………….

  • ……….. ditempuh ………

seharusnya ………. di tempuh ……..

  • …….. kejenjang …….

seharusnya ……….. ke jenjang …….

  • ………….. diluar …….

seharusnya ………… di luar ……….

  • …………. disini ………

seharusnya ………. di sini ……….

  • ………… diterima ……

seharusnya ………… di terima …………

  • …………. kearah ………..

seharusnya ……… ke arah …………

  • …………….. dikontrol …….

seharusnya ………… di kontrol ……

  • ……………. didukung …….

seharusnya ……… di dukung ………….

c. Gabungan kata yang sudah lazim dianggap sebagai satu kata.

  • ………… dari pada ………..

seharusnya ………… daripada ………..

d. Kata awalan di, ke, dari pada awal kalimat ditulis terpisah.

  • ……….. Diantara ………

seharusnya …….. Di antara ……..

e. Tanda baca titik (.) dipakai pada akhir kalimat.

  • ………….. mendapat penghargaan dan sebagainya

seharusnya ………. mendapat penghargaan dan sebagainya.

  • ……………… aktivitas yang mendukung minatnya

seharusnya ………….. aktivitas yang mendukung minatnya.

f. Salah satu unsur gabungan kata hanya dipakai dalam kombinasi, gabungan kata itu ditulis serangkai.

  • ……………. panca indera ………..

seharusnya ………… pancaindera ………..

g. Bentuk ulang ditulis secara lengkap dengan menggunakan tanda hubung.

  • …………. terus menerus ………..

seharusnya ……… terus-menerus ……………….

 

 

 

 

Leave a comment